Badan Gemetaran Gejala Apa – Gemetaran yang dialami oleh badan, tak senantiasa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Walaupun begitu, pada beberapa keadaan spesial, badan gemetaran bisa saja memberikan sinyalemen akan kehadiran penyakit serius. Lalu, badan gemetaran gejala apa? Untuk mendapat jawabanya, silahkan simak artikel kesehatan kami berikut ini.

Badan Gemetaran Gejala Apa

Kalau diklasifikasikan, badan gemetaran bisa menjadi salah satu ciri-ciri atau gejala penyakit dibawah ini. Badan Gemetaran Gejala Apa? Dibawah ini ialah kemungkinan besar nya.

  • Tremor Parkinson

Tremor (gemetaran) jenis ini dapat dialami oleh pengidap penyakit parkinson. Gemetaran (tremor)  yang khas diperlihatkan pada Parkinson ialah gemetaran istirahat, yakni gemetaran yang terjadi disaat tubuh kurang bergerak ataupun sedang beristirahat. Lazimnya, keadaan tersebut menggambarkan sebuah ciri awal dari Parkinson. Seperti yang telah diketahui, parkinson ialah penyakit yang mempengaruhi masalah gerakan pada otak. Para ahli memberikan kita penerangan, bahwa penyakit Parkinson ini menjadi “favorit” seseorang yang telah berumur 60 tahun keatas. Problematika tersebut akan diawali dengan gangguan pada salah satu bagian tubuh tertentu, lantas akan merambat ke area lain dari hari ke hari.

Badan Gemetaran Gejala Apa

  • Tremor Esensial

Ternyata, tremor esensial ini ialah tipe gemetaran yang biasa dialami sebagian orang. Keadaan tersebut mempunyai perkembangan penyakit yang cenderung lambat. Lebih jelasnya, apabila seseorang mengidap tremor esensial pada salah satu area tubuh nya, memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menjalar ke area lain. Para ahli pada buku-buku kesehatan lama mempercayai, tremor esensial ini tak memiliki relasi apapun dengan proses penyakit lain. Namun, penelitian terbaru memberikan info, bahwasanya tremor esensial ini memiliki kaitan dengan degenerasi cerebellum. Apa itu cerebellum? Ialah bagian otak yang mengendalikan gerak-gerik manusia. Tremor jenis ini bisa memiliki gejala ringan sampai gejala berat, tergantung dengan bagian tubuh manakah yang terserang oleh tremor jenis ini. Apa gejala umum akan tremor esensial ini? Yakni; Tangan gemetaran disaat menjalani aktifitas, memiliki masalah ketika berjalan, dsb. Kondisi ini bisa semakin parah bila dibarengi dengan stress, kelaparan, kelelahan, konsumsi kafein, rokok, ataupun suhu extreme.

  • Tremor Cerebellum

Rusaknya cerebellum bisa saja dikarenakan oleh penyakit multiple sclerosis, stroke, ataupun adanya tumor (kanker). Tak hanya itu saja, tremor cerebellum ini dapat juga diakibatkan oleh ketergantungan obat tertentu ataupun ketergantungan alcohol. Waspada akan konsumsi alcohol (MiRas) atau obat penenang dalam jangka panjang.

  • Tremor Distonik

Tremor distonik ini ialah gangguan gerak-gerik, yang mana lazim ditemukan pada kontraksi otot secara kontinyu, sehingga menyebabkan gerakan berulang dan berputar. Pada pengidap tremor distonik, akan pulih (normal) bila beristirahat secara total.

  • Tremor Ortotastik

Tremor jenis ini bisa dialami dalam tempo yang sangat cepat, diawali oleh adanya kontraksi otot ketika berdiri secara mendadak. Banyak orang yang menerka keadaan ini sebagai ketidak stabilan keseimbangan tubuh. Ketidak stabilan tersebut akan surut bila pengidap tremor ortotastik ini mulai berjalan, duduk, atau diangkat.

  • Tremor Fisiologis

Reaksi badan atas pengaruh obat dan gejala putus dari MiRas (alcohol) bisa mengakibatkan tremor fisiologis. Kondisi kelenjar tiroid yang terlampau active dan kondisi hypoglycemia dapat menjadi sebab tremor fisiologis. Tremor yang diakibatkan ketergantungan alcohol atau karena pengaruh obat bisa diobati apabila penyebab dasarnya telah hilang.

  •  Tremor Psychogenic

Tremor yang muncul akibat keadaan psikologis dicirikan adanya serangan yang menghilang atau muncul secara mendadak dan bergunta-ganti lokasi serangan nya. Pengidap tremor jenis ini lazimnya memiliki gangguan pada mental nya, seperti; Gangguan konversi. Gangguan tersebut dialami oleh si pasien namun tak ditemukan apa yang menyebabkan gangguan konversi tersebut.

Ingin mengobati badan gemetaran? Klik disini → OBAT BADAN SERING GEMETAR


Itulah 7 jawaban mengenai persoalan “Badan gemetaran gejala apa”. Semoga bisa menjadi jawaban pertanyaan para pembaca. Sebaiknya datangi dokter saraf, demi mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif dan memuaskan.

Advertisements