Badan Gemetar Karena Maag – Badan gemetar yang dikarenakan maag itu bisa dipastikan sebagai penyakit gastritis. Gastritis ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Masyarakat awam pada umumnya, sering mengistilahkan gastritis dengan sakit maag. Apakah badan gemetar karena maag? Bagaimana solusi hal ini? Disini kami sajikan penjelasan secara komprehensif untuk para pembaca sekalian, simaklah hingga usai supaya mendapatkan faidah yang luar biasa bermanfaat.

Badan Gemetar Karena Maag

Walaupun tampak seperti hal yang daif (sepele), faktanya.. Badan gemetar karena maag tentu akan mengganggu aktifitas harian kita semua dan menjadi momok yang menghantui pengidapnya. Tanpa adanya tindakan ataupun pemeriksaan yang tepat, sakit gastritis atau maag ini malah dapat berevolusi menjadi kanker lambung pada tahapan yang selanjutnya.

Penyebab Badan Gemetar Karena Maag

Sakit radang maag bisa timbul disaat organ lambung mengalami adanya inflamasi ataupun perubahan fungsi. Dokter penyakit dalam di RS Siloam Jakarta, divisi gastrohepatologi, yakni dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD menjelaskan; Penyakit gastritis ini disebabkan oleh 2 penyebab, yakni penyebab non-infeksi dan penyebab infeksi. “Penyebab infeksi lazimnya dikarenakan oleh virus, protozoa, bakteri dan jamur. Kuman Helicobacter Pylori ialah penyebab yang paling sering menyebabkan gastritis pada penyebab infeksi. Sedangkan penyebab non-infeksi dikarenakan oleh kehadiran zat asing yang muncul kedalam tubuh melalui minuman ataupun makanan yang bisa membuat peradangan pada organ lambung” imbuh beliau.

badan gemetar karena maagSetiap insan bisa saja terkena serangan kuman Helicobacter Pylori. Ketika keadaan tubuh sedan melemah, kuman Helicobacter Pylori akan mudah tumbuh dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kuman tersebut bisa mewabah kepada orang lain lewat makanan atau minuman, ataupun dengan kontak langsung dengan seseorang yang terjangkit kuman Helicobacter Pylori. Pengidap maag yang dikarenakan serangan Helicobacter Pylori, biasanya akan merasakan sakit dalam waktu yang lama atau di istilahkan dengan gastritis kronis.

Dispepsia atau Maag Ringan

dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD menambahkan, 70% pengidap maag ringan (dispepsia) ialah pengidap maag fungsional, lalu 30% nya lagi pengidap maag organik. Para pengidap penyakit maag fungsional hanya merasakan gangguan fungsi di area lambung, hal ini bisa saja terjadi walaupun keadaan lambung dalam keadaan sehat wal ‘afiah. Lazimnya, sebab utama dari dispepsia (maag ringan) ialah lifestyle yang tak sehat dan teratur, misalnya; Stress dan rasa cemas berlebihan, ditambah dengan pola makan yang tak bagus.

Untuk maag organik dikarenakan adanya zat asing ataupun kuman yang hinggap di lambung yang menghadirkan kelainan.

Untuk memahami sebab-musabab dari penyakit maag, biasanya seseorang akan diteliti berdasar gejala yang dirasakanya, ditambah dengan pemeriksaan penunjang lainya. Gejala gastritis bisa menghadirkan gejala ringan hingga gejala berat. Pengidap gastritis ringan (dispepsia) biasanya akan merasakan gejala seperti: Perut kembung, sendawa terus-terusan, begah, tak nyaman, mual, muntah, dan mudah kenyang.

dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD menjelaskan, eksaminasi penunjang yang terbaik demi melihat adanya kelainan lambung (maag) ialah dengan melaksanakan endoscopy atau gastroscopy. Eksaminasi tersebut bisa menunjukkan secara jelas akan kelainan lambung yang dirasakan, termasuk memeriksa apakah terdapat Helicobacter Pylori, luka, pendarahan, atau tumor lambung. “Eksaminasi USG kurang mampu memvisualisasikan kelainan lambung, masih lebih baik endoscopy” imbuh beliau.

Eksaminasi endoscopy penting untuk dilaksanakan apabila penyakit maag yang diderita sering kambuh, atau tidak merespon pengobatan. Alasan mengapa endoscopy mesti dilakukan bisa diakibatkan adanya riwayat pendarahaan di organ lambung, evaluasi lambung pada lansia, atau dicurigai terdapat keganasan pada lambung.

Pengobatan Badan Gemetar Karena Maag

Pemberian sucralfat, antasida, H2 reseptor antagonis dan juga PPI adalah cara-cara untuk mengatasi penyembuhan dan keluhan sakit maag, sedangkan maag yang dikarenakan infeksi kuman Helicobacter Pylori bisa diobati dengan kombinasi antibiotik. Walau demikian, eksaminasi secara intensif oleh ahli medis adalah pilihan yang paling baik sebelum mengonsumsi obat maag yang ada di berbagai apotik.

Baca Juga: Obat Badan Sering Gemetar

Badan Gemetar Karena Maag Bisa Sembuh dan Dicegah

Badan gemetar karena maag tentu saja bisa disembuhkan, namun.. Obat terbaik adalah mencegah nya. Hal-hal yang bisa kita laksanakan dalam mencegah gastritis diantaranya ialah:

  1. Berolahraga dengan teratur setiap hari.
  2. Menghindari pemicu stress.
  3. Mengonsumsi makanan bergizi dan sehat.
  4. Mengonsumsi makanan berserat dan air putih.
  5. Menghindari asupan coklat, makanan asam atau pedas.
  6. Berhenti merokok dan mengonsumsi meniman beralcohol.
  7. Jangan minum teh atau kopi terlalu kental.
  8. Makanlah dengan porsi sedikit namun sering (4x sehari). Usahakan untuk mengonsumsi makanan berkalori.

Itulah 8 tips dari dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD, “Dengan demikian, sakit maag bisa kita hindari (cegah)” Tutup beliau.

Advertisements